Pertama kami ucapkan bersedihlah bagi para brother thunder yang telah menjual motornya dan mengganti dengan merek lain atau produk lain yang sama kelas atau sedikit lebih diatas dari Thunder.Kedua kami ucapkan selamat kepada para brother yang masih setia dengan Thunder 125.Kenapa ? sebab pada tulisan berikutnya nanti kami akan ajak semuanya untuk lebih mengenal Suzuki Thunder 125 secara seksama agar dapat kita lihat seberapa hebatnya potensi maupun kemampuan dari motor ini sesungguhnya.ga percaya ? simak aja ulasannya.
Sekilas tentang produk fenomenal SUZUKI.
Siapa yang tidak kenal dengan Produsen kelas dunia yang satu ini, Selain sering menjuarai berbagai kejuaraan balap tingkat lokal maupun dunia , produsen ini juga sering mengeluarkan produk – produk fenomenal yang membuat produsen lain jadi iri dan berniat menyainginya.
Sebut saja Suzuki HAYABUSA yang selama bertahun tahun menyandang predikat sebagai motor tercepat didunia sehingga terkadang sering digunakan dalam pemecahan rekor dari para biker-biker maupun uji coba bagi kendaraan roda dua maupun roda empat untuk mengukur level dari kendaraan tersebut.
SUZUKI HAYABUSA – Motor tercepat didunia yang mampu berlari dikecepatan 634.08 km /jam.

Hadir dengan menggunakan nama burung yang dikenal dijepang dengan nama hayabusa ,monster ini bagaikan raja diraja bagi kendaraan bermotor roda dua.Dengan tampilan yang tidak biasa namun dengan kecepatan yang mengerikan,produk ini laris manis dipasar – pasar motor dunia.Bicara mengenai rekor dunia dalam kecepatan monster ini benar benar sangat fantastis, hingga saat ini rekor duniapun seolah memang seperti ditakdirkan milik simonster ini.
Lalu selain dari silegendaris hayabusa,Suzuki juga mengeluarkan B KING yang terkenal dengan paduan kecepatan dan kenyamanannya dimana produk ini sempat dilarang dieropa dikarenakan dengan tingkat kenyamanannya yang tinggi dikhawatirkan para pengendara masih akan merasa santai meski telah berada pada kecepatan 250 Km / Jam hingga dapat terjadinya kecelakaan.
Suzuki B KING –Paduan kecepatan & kenyamanan dengan berbekal mesin HAYABUSA 1300 cc.

“ B ” disini dapat menyiratkan “ BE “ dari “ TO BE “ yang berarti “ menjadi “ raja ( KING ) dan “ BK “ yang menyiratkan “ BIKE “ yang berarti sepeda motor, juga “ B “ yang berarti “ BIG “ ( Besar ).Jadi B KING dapat diartikan sebagai raja besar atau Rajanya sepeda motor.
Wajar saja kalau Suzuki pede atau percaya diri menggunakan nama seperti itu karena dengan menggunakan mesin silegendaris hayabusa tak ada keraguan bagi para bikers untuk tidak mengakui hal tersebut.

Kemudian dibarisan motor Sport sendiri ada GSX 1000 R yang sering digunakan dalam kompetisi kelas dunia seperti Super bike maupun Endurance.

 

Selain dari GSX 1000 ,ada juga GSX 750 .Motor inipun tidak kalah hebatnya dengan motor – motor Suzuki yang lain.Kehebatan motor ini terletak pada power dan speed yang tidak kalah meski dengan kelas cc yang lebih besar.Bahkan demikian luar biasanya motor ini hingga beberapa kali sering masuk dalam katagori 10 motor tercepat dunia yang menandingi rival – rivalnya yang ber cc 1000 keatas.
Okay ! Setelah kita mengulas serba sedikit dari produk – produk motor fenomenal dari Suzuki maka selanjutnya kita beralih keproduk Suzuki yang lain bernama Thunder 125.
Jujur saja,.. bila dibandingkan dengan para suhu – suhunya diatas,maka thunder 125 memang tidak ada apa – apanya.
Dari segi fisik , mesin ,kecepatan maupun prestasi ,thunder 125 ibarat penonton ditengah balapan.
Namun meski demikian bukan berarti Thunder 125 tidak memiliki keistimewaan maupun prestasi yang bisa dibanggakan.
Dari pengamatan yang saya lakukan dalam beberapa waktu Ternyata thunder 125 memiliki keistimewaan dan prestasi yang tidak bisa dianggap enteng bahkan bisa dikatakan luar biasa.
Coba lihat saja jumlah komunitas Thunder 125 ,angkanya benar –benar mengesankan.
Setahu saya belum pernah ada komunitas motor yang memiliki angka sebesar itu dan angka tersebutpun itupun baru dalam negeri sendiri ( Indonesia ),belum diluar negeri .
Perlu diketahui bahwa thunder 125 dipasarkan bukan hanya diIndonesia saja melainkan keseluruh penjuru dunia.
Anda bisa bayangkan bila para pengguna thunder atau EN 125 semuanya berkumpul ? Wah bisa Geger dunia.
Selain unggul dengan komunitas yang meraksasa,thunderpun memiliki kelebihan – kelebihan lain yang akan saya jelaskan dalam uraian berikut.
1. Satu Jiwa Tiga Raga
Sejak peluncurannya pertama kali diindonesia sekitar tahun 2004 suzuki thunder 125 telah berhasil merebut hati para bikers dengan harga yang relative murah dan dengan design yang macho.
Motor ini bisa jadi merupakan penawar dahaga bagi para bikers yang merindukan motor lelaki yang selama ini dikenal dengan harga yang cukup tinggi .
selain dari itu kunci kesuksesan dari motor ini tentu saja tak lepas dari nama besar Suzuki sendiri yang sering mengeluarkan produk – produk canggih ,cepat ,irit serta awet hingga puluhan tahun.

Selain diIndonesia , Thunder 125 juga telah diproduksi dan dipasarkan keseluruh dunia baik itu diasia maupun dieropa.
Namun dengan pertimbangan pasar dan lain sebagainya maka terdapat beberapa perbedaan nama maupun spesifikasi yang disesuaikan dengan pasar yang dituju.
Contohnya Suzuki Thunder 125 yang kita kenal diindonesia, diinggris dinamakan Suzuki EN 125 ,diBrazil , Uruguay,Colombia dan dibeberapa Negara lainnya bernama Suzuki YES ,lalu dihongkong dikenal dengan nama SUZUKI EN 125 dan masih banyak lagi .
Namun dari semua versi diatas ada design maupun model yang benar – benar berbeda dari yang biasa kita ketahui namun tetap bermesin yang sama. Model – model tersebut memang sengaja diciptakan oleh pihak Suzuki yang tentunya kembali lagi pada minat ,kebutuhan dan daya beli para bikers.
Sebut saja Suzuki DRZ 125 dan DRZ 125 L,dimana produk ini memiliki design khas Trail atau Dirt Bike.Bila kita melihat sekilas maka kita tak akan pernah menyangka bahwa motor yang satu ini juga memakai mesin yang sama dengan Thunder 125 yang beredar diindonesia maupun dibeberapa Negara lain.
sehingga Kita relative dapat dengan cepat dan mudah merubah -rubah design maupun karakter mesin sesuai dengan keinginan kita atau merubah image motor kita menjadi image yang berbeda.contoh misalnya bila kita ingin merubah Thunder 125 menjadi DRZ 125 L atau Marauder 125 sesuai aslinya,maka kita dapat memesan produk tersebut disitus situs yang menjual parts maupun aksessori motor tersebut.
Namun sebagai catatan,untuk merubah Thunder 125 menjadi DRZ 125 perlu penambahan dudukan shock pada bagian bawah tangki karena DRZ 125 menggunakan monoshock.
Namun tak perlu khawatir akan hal ini karena pihak Suzuki sendiri telah menyediakan ruang atau tempat untuk dudukan tersebut,coba anda buka jok dan tangki anda lalu perhatikan baik baik diantara sambungan rangka.
disitu anda akan melihat bahwa dari tulang rangka depan keujung belakang tulang tersebut ada lebihan besi yang menjorok keluar.lebihan besi tersebut adalah tempat meletakkan dudukan / pangkon shock bila kita ingin menjadikannya monoshock.
2. Keunggulan SIRIP UDARA dan PAIR ( PULSED SECONDARY AIR INJECTION SYSTEM )
Selain unggul dari sisi bahan bakar yang irit ( 1 liter per 60 hingga 65 Km dengan kondisi standar,setelan angin 3 x 360 derajat ),dan body yang stabil,Suzuki Thunder 125 juga memiliki keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh kendaraan sejenis .
Pertama adalah sirip –sirip angin yang lebih lebar pada bagian utama mesin.
Ketika pembakaran terjadi , panas yang dihasilkan akan menyebar keseluruh bagian mesin.
Panas tersebut apabila tidak segera lepas maka akan mengakibatkan motor menjadi over heating yang tentu saja akan merusak mesin tersebut.
Bagian mesin yang menghasilkan panas terbesar tentu saja adalah ruang bakar oleh karena itu bagian tersebut perlu pendinginan ekstra dibanding bagian lain. Pendinginan ruang bakar banyak macamnya antara lain radiator air ,radiator oli, kipas ,sirip –sirip angin dan lain sebagainya. Disuzuki thunder sendiri pendinginan ruang bakar menggunakan sirip angin .
Sirip angin ini berfungsi untuk mengurai panas yang muncul akibat proses pembakaran yang kemudian dilepaskan dengan bantuan terpaan angin.
Semakin lebar sirip angin maka akan semakin cepat proses pendinginan tersebut terjadi.Nah disinilah salah satu keunggulan dari Thunder 125.
jika kita jeli maka kita akan melihat dari rata-rata motor yang beredar khususnya diindonesia tidak ada yang memiliki sirip –sirip angin selebar Thunder 125.
Pada Thunder 125 Lebar sirip – sirip angin berkisar antara 2,5 hingga 3,2 cm,sungguh sangat lebar. Hal ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi Para Rider thunder yang sering melakukan touring atau perjalanan jauh karena suhu mesin akan tetap stabil meski tidak menggunakan radiator.
JALUR ANGIN DALAM PENDINGINAN BLOK MESINSelain dari Sirip angin yang super lebar,Thunder juga memiliki perangkat lain yang tak kalah penting yaitu PAIR.

Namun sayang banyak dari pengguna Thunder 125 kurang mengetahui kehebatan dari 2 komponen penting tersebut ( Sirip angin dan PAIR ),hingga tak jarang ada yang tidak mengunakan komponen PAIR khususnya karena dianggap tidak memiliki pengaruh pada tingkat laju motor atau pada kondisi motor itu sendiri.

 

Keunggulan tersembunyi yang terkadang terabaikan
Perlu diketahui bahwa sebenarnya tehnologi PAIR adalah tehnologi yang dibuat guna meminimalisir racun yang dihasilkan oleh sisa pembakaran.
Teknologi ini bukan saja diaplikasikan pada kendaraan roda dua semata melainkan juga pada kendaraan roda empat pula.
Namun pada kendaraan roda dua khususnya Thunder ,selain untuk meminimalisir racun sisa pembakaran ternyata alat ini juga berfungsi untuk mendinginkan blok mesin pula.Alasannya sederhana,dengan bantuan alat tersebut angin dingin yang berasal dari filter udara dan karburator diinjeksikan kelubang pembuangan agar udara yang keluar dari knalpot lebih bersih.
Tekanan angin dingin yang dihasilkan oleh injeksi tadi akan melewati pipa yang terhubung langsung dengan blok silinder.Karena udara yang melewati pipa tersebut dingin,maka otomatis pipa tersebut akan dingin pula.
suhu dingin ini pelahan akan merambat menuju blok silinder yang juga menjadi dingin karena terkena semburan angin yang diinjeksikan tersebut.jadi sederhananya ,komponen PAIR yang ada dithunder memberikan keuntungan ganda .Bagaimana ? setuju ?
              Diagram Air Injection pada Thunder 125
3. Sipelari bertenaga badak yang tersembunyi
Dibalik Karakternya yang smooth namun tegas,Thunder 125 ternyata memiliki potensi yang tidak bisa dipandang enteng .
Namun sayang banyak para riders Thunder sendiri yang tidak menyadari potensi besar yang dimilikinya.Rasa haus akan speed maupun performa tak jarang membuat para riders Thunder mengganti segala macam part yang ada agar bisa mendapatkan semua itu.
Dari hasil pengamatan saya selama berbulan – bulan Kebanyakan dari para riders thunder 125 cendrung mengganti karburator mereka dengan alasan bahwa inilah penyebab dari kurangnya speed maupun power dari thunder.
Sebagian lagi ada yang mengganti coil,cdi bahkan spul pengapian mereka.Benarkah hal tersebut? jawab saya bisa ya bisa tidak. Kenapa ? karena dengan beberapa alasan tertentu penggantian semua part tersebut memang perlu,namun kalau cuma ingin meningkatkan performa standar menjadi lebih bertenaga dan cukup ganas,
maka penggantian tersebut saya rasa tidak terlalu perlu dilakukan karena dari penelitian yang saya lakukan ternyata pihak suzuki ( meskipun tidak secara langsung) dalam merancang produk ini benar –benar telah mempersiapkan kebutuhan para ridersnya untuk keperluan tertentu,
misalnya untuk keperluan sehari – hari,turing,menaklukkan jalan berlumpur bahkan untuk kebut – kebutan.Tapi tentu saja harus diutak utik sendiri untuk mendapatkannya.buktinya ? silahkan ikuti ulasan saya lebih lanjut.
1.PANJANG STROKE
Syarat utama untuk menjadi seorang pelari atau petarung tentulah harus memiliki tenaga mumpuni dan langkah yang cepat.
kenapa ? karena semakin cepat langkah maka semakin cepat pula speednya.Logikanya begini , Semakin pendek langkah atau stroke suatu kendaraan maka perputaranpun akan semakin cepat dikarenakan jarak pergerakan lebih dekat.
memang semuanya tidak lepas dari keterkaitan antara komponen satu dengan yang lainnya,namun tak dapat dipungkiri bahwa dengan semakin pendeknya langkah maka akan menghasilkan kinerja yang cepat pula. Nah ! thunder 125 sendiri berdasarkan spesifikasinya memiliki Stroke atau langkah 48,8 mm. Langkah ini bisa dikatakan paling pendek diantara motor motor konvensional lainnya.contohnya : pada :
1. Yamaha Byson bore & Strokenya adalah 58.0 x 57.9 mm
2. Scorpio z : 70 x 58 mm ,Jupiter MX : 54.0 x 58.7 mm
3. Vixion : 57.0 x 58.7 mm
4. Vega R : 51.0 x 54.0 mm
5. Vega ZR : 50 x 57.9 mm
6. Tiger : 63,5 x 62,2 mm
7. mega pro : 57,3 x 57,8 mm,
dan lain sebagainya hanya Honda cs 1 yang memiliki langkah yang hampir sama dengan thunder yaitu 47.2 mm.

Langkah yang pendek ini sebenarnya adalah salah satu modal besar bagi motor – motor pelari atau petarung.Hal ini dikarenakan dengan langkah yang pendek maka putaran mesinpun semakin cepat yang tentu saja akan menghasilkan tenaga yang besar pula.

Sebagai bahan pembanding maka mari kita lihat beberapa spesifikasi dari beberapa motor pelari atau petarung yang ada.

                            SPESIFIKASI HONDA CBR 150
                           SPESIFIKASI SATRIA FU
                      SPESIFIKASI NINJA RR 250
            SPESIFIKASI GSX 750
                       SPESIFIKASI THUNDER 125 (Lihat : Langkah Piston) :)
Dari beberapa spesifikasi diatas dapat kita lihat bahwa semua motor motor dengan spek racing memiliki langkah langkah yang pendek ,tidak ada yang melewati angka 50.
dan yang cukup mengagetkan adalah ternyata thunder 125 sendiri memiliki panjang langkah yang sama dengan Satria FU 150 dan siphenomenal GSX 750 R yang nota benenya adalah motor yang memiliki kecepatan yang luar biasa.
Hal ini cukup aneh karena Thunder 125 dibuat bukan untuk kebut –kebutan tapi untuk keperluan sehari hari makanya konsumsi bahan bakarpun dibuat sangat irit,namun mengapa langkahnya dibuat sedemikian rupa ? hal ini tentu saja berkaitan dengan apa yang sudah saya sebutkan diatas bahwa pihak Suzuki telah meletakkan beberapa fasilitas tersembunyi layaknya seperti ” hidden code “ pada permainan games,tinggal dari bagaimana kita menyikapi hal tersebut.
2.OVER CARBURETOR

Bagian lain yang menjadi “ hidden code “ dari Thunder 125 adalah diameter karburatornya yang besar.Diameter karbu ini sangat besar bila dibandingkan dengan karburator motor lain yang bervolume silinder sama dengan thunder yakni 125 cc,dimana rata- rata menggunakan diameter 18 hingga 22.Justru yang lazim menggunakan karburator berdiameter 26 ini rata – rata adalah motor motor yang bervolume silinder 150 cc.
Dalam kebiasaanya bila sebuah motor kebesaran karburator maka akan berakibat turunnya kinerja dari motor tersebut. Bila karburator tersebut dimasukkan pilot jet dan main jet kecil maka akan berakibat kurusnya bahan bakar yang berdampak pada rendahnya tenaga yang dihasilkan.
sedang bila karburator tersebut dimasukkan pilot jet dan main jet besar maka tenagapun akan drop kecuali jika pengapian yang dihasilkan cukup besar hingga dapat membakar habis bahan bakar yang ada,namun biasanya,dalam bukaan gas yang cepat akan terjadi lag atau keterlambatan pembakaran.

Thunder 125 menggunakan karburator Mikuni VM 26 dengan main jet 110 dan pilot jet 12,5 pada keluaran-keluaran terdahulu,sedang keluaran terbaru menggunakan main jet 107,5 dan pilot jet 12,5.

Hal ini cukup menarik karena disamping diameter karburator thunder 125 sama dengan satria Fu yang ber cc 150,main jetnyapun sama dengan Yamaha scorpio yang menggunakan karburator Mikuni BS 30 dengan main jet 110 dan pilot jet 17,5 padahal seperti yang kita ketahui bersama bahwa Yamaha Scorpio mempunyai volume silinder sebesar 225 cc lantas mengapa Thunder 125 menggunakan main jet sebesar itu ? Bingung ???.Jadi menurut saya dengan penggunaan karburator yang besar ini adalah sangat wajar bila Thunder 125 memiliki tenaga yang kurang baik apalagi pada pendakian.

 

                                            SPESIFIKASI YAMAHA BYSON 153CC
Kalau begitu apakah pihak Suzuki salah dalam membekali thunder 125 dengan karburator yang besar ini ? Saya jawab tidak ! karena pihak Suzuki sendiri memang merancang produk ini lebih menonjolkan sisi efesiensi bahan bakar,kenyamanan dan gaya dan bukan pada speed maupun yang lainnya.
Namun sekali lagi saya katakan bahwa produk ini memiliki ” hidden code “yang harus kita buka guna mendapatkan speed maupun power yang kita inginkan,dan salah satu” hidden code” tersebut adalah karburator yang besar ini.
Mungkin anda pernah mendengar atau membaca dalam beberapa artikel diinternet tentang beberapa surfer yang menjual blok silinder thunder 125 yang siap pasang menjadi 150 cc.Menurut infonya produk tersebut asli dari Suzuki.
Nah diapun mengatakan bahwa memasang blok tersebut tidak perlu merubah apa-apa alias P & P.Jadi kalau memang benar demikian maka dapat kita simpulkan bahwa memang Suzuki sendiri telah meletakkan” hidden codenya” dimotor ini.
Namun bila tidak,maka andapun tidak akan kesulitan dan mengeluarkan biaya besar dalam merubah volume silinder motor ini menjadi 150 cc karena karburatornya telah dipersiapkan duluan oleh pihak Suzuki yakni Mikuni VM 26 tersebut. Bagaimana ? Enakkan ???
Kesimpulannya….dengan berbekal dua senjata yang telah dibekalkan oleh pihak suzuki seperti tersebut diatas maka bukan tidak mungkin Thunder 125 dapat menjadi petarung yang cukup disegani dikelasnya sendiri maupun dikelas 150 cc.Hal ini saya kemukakan bukan tanpa alasan karena dengan merubah sedikit saja apa yang ada didalam kotak udara atau kotak filter thunder maka secara mengejutkan thunder dapat berlari dengan ringan dan menaklukkan gunung dengan mudah. 

Salam Thunder :)