Tips n trick buat thunder 125 :
1. PASANG RELAY LAMPU/KLAKSON KEONG
gini nih rangkaiannya, ane pasang 2 relay, tuk lampu jauh dan lampu deket.
Yang port 30 ane sambungin ke aki (+), terus port 86 ane sambungin ke kabel dari switch lampu jauh / dekat ( kalo yang deket warna putih, kalo jauh warnanya coklat), port 87 sambungin ke lampu deket / jauh, port 85 sambungin ke body (-),
tuk klakson ane pake klakson keong, relay nya
port 30 ke aki, port 85 dan 86 ke kabel yang dari switch klakson, 87 ke klakson, terus negatif klason ke body. Gede banget bro bunyinya

2. MASALAH SEKRING & SOKET BAWAH SADEL
gw mo kasih tips berdasar pengalaman nangani electrical thunder yg
bermasalah kemarin pas turing ke situ patenggang kemarin.
1. Kalo motor tiba tiba mati dengan sebelumnya keadaan tersendat
trus semua lampu mati maka yg terjadi adalah bagian sekring
utamanya. kemaren byk bgt kejadiannya pas gw cek ada yang krn rumah
sekringnya kendor ada jg yang putus sekring tapi putusnya alus di
ujungnya jd ga keliatan putusnya.setelah diberesin mesin ok lg
sampai pulang.
2. Kalo semua lampu utama dan sein mati, tp lampu kota idup bisa
dipastikan sambungan kabel dibawah tangki ada yg kendor krn itu
semua dijadikan satu sambungan dengan satu kabel positip.
3. Untuk masang aksesories sebenernya di bawah jok ada tempat soket
tambahan buat aksesories. warna merah mrupakan arus positip dr aki,
ijo dan item garis putih buat arus sein, orange arus dari spul.n
item adalah ground. buat aksesories bisa ngambil kabel warna merah
lebih aman kan sudah lewat sekring.
4. oh yah kebanyakn penyebab korsleting adalah dri klakson keong yg
masang kabelnya kurang rapi atau tertutup rapat.

3. GANTI KNALPOT

1. Menurut lo2 pd, knalpot merek apa yg cocok n lumayan bagus lah bwt thundi….???
—>> klo gw pake merk Yoshi, gw beli Rp. 190.000 di daerah Bates (Kreo)
2. Klo ganti knalpot, apa gw jg harus ganti Pilot jet/ Main jet sekalian???
—>>> Buat knalpot Yoshi gw cukup ganti pilot yg ukuran 15 (standarnya 12,5)
3. Apa bener…..klo kita ganti knalpot (tanpa Pilot/Main Jet), bensin jadi boros??……..se-boros apa??
—->>> Gak terlalu boros kok bro, yaa sebanding lah dgn kemampuannya (putaran bawah lebih bertenaga)

Standart stelan klep untuk Motor Thunder125,IN=0.04mm s/d 0.07mm dan EX=0.14mm s/d 0.18mm

Standard max ban: depan ukuran max. 100/80/18
belakang ukuran 120/80/18

4. Trik service sendiri

Formulanya : DCS (Engine Conditioner)
Pekerjaan :
* Bersihin Saringan udara
* Minyakin kabel kopling
* Bersihin carburator
* Bersihin filter bensin
* Bersihin ruang bakar (tempat busi)
* Ganti oli

Detail pekerjaan :
* Buka tutup saringan udara, ambil busanya, cuci dengan deterjen
peras cukup dengan satu tangan lakukan berlulang2 hingga kotorannya
hilang , biarkan hingga hampir kering, olesin busa dengan sedikit oli

* Copot kabel kopling dari handle di stang, tetes-in oli ke kabel
kopling biarkan diatas sampai kira oli dapat mengalir sampai ke bawah

* Copot karburator dari motor, semprotkan DCS ke semua lubang yang
ada, buka bout yang mengarah ke carburator tempat masuknya bensin
pertama kali,
* Semprotkan dengan DCS hingga merata, bilas dengan bensin, bisa
dilihat hasilnya-> karburator jadi bersih kinclong seperti baru

* copot filter bensin dari tempatnya, buka filternya bersihkan
kotoran2 yang melekat

* Untuk membersihan ruang bakar harus hati-hati perhatikan bahwa
Aki benar2 bagus (karena thunder gak ada kickstaternya) karena agak
susah hidup setelah dibersihan dgn DCS, caranya : buka busi, semprotkan
dengan DCS keruang bakar, bersihkan dengan kain bersih, stater mesin
sambil menekan kain bersih ke ruang bakar, lakukan berulang2 sampai kain
sudah tidak mengeluarkan kotoran lagi. Kemudian pasang busi kembali

* Cukup buka bout no 14 bukan 17 yee tar tuh jeroan dalem pada
keluar dah

5. cara mengeluarkan air dari karburator:

1.kendorkan baut plus (+) yg ada di mangkok karburator ,nantinya air yg bercampur bensin akan keluar melalui selang bening yg kecil.
2.jangan lupa kencangkan kembali baut plusnya.

Tapi bro klo memang pada saat itu bro ngga ada obeng plus,bisa langsung menghisap selang pernafasan karburatornya (berwarna bening,bentuk fisiknya lebih besar dari selang yg di mangkok karburator),sampai campuran air dan bensinnya keluar.

6. Perawatan Busi

Periksalah busi 1.000 km pertamadan setiap 3.000 km selanjutnya. Ganti busi setiap 6.000 km
Mengabaikan perawatan busi akan mengakibatkan mesin sukar dihidupkan dan berkurang tenaganya.
Bila busi digunakan dalam waktu yang cukup lama, elektroda sedikit demi sedikit akan aus terbakar dan akan terjadi endapan arang di sekitar bagian dalam busi.
Sesuai jadwal perawatan berkala, busi harus dikeluarkan untuk diperiksa, dibersihkan dan disetel jarak celah busi.
Penimbunan arang di dalam kepala busi menghalangi percikan bunga api dan mengakibatkan gangguan pembakaran.
Bersihkan arang busi secara berkala.
Bila elektroda bagian tengah aus sama sekali, maka busi harus diganti dan celahnya disetel dengan menggunakan alat ukur ketebalan (tickness gauge).

Tips :
1. Periksa kondisi pembakaran pada busi. Bila tidak normal ganti sesuai spesifikasi.
2. Kencangkan busi dalam kepala cylinder sesuai dengan kekencangan yang telah ditentukan

7. Tips menyetel katup…

Periksa pd 500 km pertama dan setiap 2500 km

bila terlalu renggang, katup akan berbunyi dan bila terlalu rapat katup akan rusak dan tenaga mesin akan berkurang.
Periksa dan setel kerenggangan katup sesuai langkah berikut :
1. Buka dan lepaskan tempat duduk dan tangki bensin.
2. lepaskan kabel tachometer
3. lepaskan cap bagian kiri dan kanan penutup head silinder.
4. Lepaskan busi, cap lubang pemeriksa katup dan penutup lubang timing.
5. Lepaskan cap magneto cover dan putarlah rotor magneto dengan menggunakan kunci sok 14 untuk menyetel piston agar berada di posisi TMA (titik Mati Atas) pada langkah kompresi. (putarlah rotor sampai garis “1″ beradah di tengah lubang intip (pemeriksaan timing red).
6. Masukan thicknes gauge (feeler) diantara ujung katup dengan mur penyetel pada rocker arm.
7. spek kerenggangan katup in 0,04 – 0,07 dan ex 0,13 – 0,18
8. bila kerenggangan katup tdk sesuai stel dengan menggunakan kunci ring n obeng -…
9. Pasang kembali busi cap pemeriksa katup, cap penutup silinder head, kabel tacho meter, penutup lubang pemeriksaan timing dan cap magneto cover.

catatan : kerenggangan katup diperiksa pada saat mesin dingin. katup IN dan EX harus di periksa dan di stel pada piston berada di TMA pada langkah kompresi.

8. Oli suspensi depan

Ganti setiap 8000 Km
1. Lepaskan suspensi depan.
2. Keluarkan oli suspensi
3. masukan oli sesuai std dari bagian atas inner tube.

kapasitas oli per kaki 150 ml
spesifikasi : oli suspensi #10

9. Mencari dan mengatasi masalah MESIN

Mesin tidak mau hidup atau susah di hidupkan
Cek kompresi, bila terlalu rendah bisa disebabkan oleh:
1. Jarak main katup menyimpang——–stel ulang
2. Katup atau dudukan katup aus——–perbaiki atau ganti
3. Penyetelan katup menyimpang———stel
4. Ring piston aus————————–ganti
5. silinder aus——————————-perbaiki atau ganti
6. busi kendor——————————kencangkan
7. putaran stater motor lambat———–periksa komponennya

Busi tidak menyala
1. busi rusak——————————–ganti
2. busi basah——————————-bersihkan/keringkan/ganti
3. Pick up coil rusak————————ganti
4. CDI rusak———————————ganti
5. coil pengapian rusak———————-ganti
6. kabel tegangan tinggi konslet———–ganti

Bensin tidak mengalir ke karburator
1. lubang ventilasi pada tutup tangki tersumbat——bersihkan
2. keran bensin rusak / tersendat———————bersihkan / ganti
3. jarum pelampung rusak——————————ganti
4. selang bensin rusak———————————-bersihkan / ganti
5. saringan bensin tersumbat—————————-bersihkan / ganti

10. Bunyi mesin kasar

Bunyi yg di sebabkan oleh katup
1. kerenggangan katup terlalu renggang——-stel
2. pegas katup lemah/patah———————ganti
3. rocker arm dan poros rocker arm aus——-ganti

bunyi disebabkan oleh piston
1. piston atau silinder aus————————ganti
2. ruang bakar banyak arang——————–bersihkan
3. pin piston atau lubang pin piston aus———ganti
4. ring piston atau alur ring piston aus———-ganti

bunyi disebabkan oleh rantai
1. rantai melar————————————-ganti
2. gigi rantai aus———————————–ganti
3. penyetel ketegangan rantai rusak————-perbaiki atau ganti

bunyi di sebabkan oleh kopling
1.parit countershaft aus—————————ganti
2. gigi plat kopling aus—————————–ganti
3. plat kopling bengkok—————————-ganti
4. pegas kopling lemah—————————–ganti

Bunyi disebabkan oleh crankshaft
1. bearing aus—————————————–ganti
2. bearing pin crankshaft aus————————ganti
3. kerengangan bearing thrust terlalu besar——-ganti

Bunyi disebabkan oleh transmisi
1. gigi aus———————————————ganti
2. parit gigi aus—————————————ganti
3. gigi primary aus atau rusak———————–ganti
4. bearing aus—————————————–ganti..

SEMOGA BERMANFAAT :)

About these ads