Bila anda menggunakan kendaraan sepeda motor untuk transportasi sehari hari, entah itu pergi kekampus buat kuliah, buat kerja, buat jalan-jalan maupun buat apel kerumah pacar, pasti pernah yang namanya kehujanan saat mengendarai motor kesayangan anda tersebut atau anda mengalami mengendarai sepeda motor pada malam hari??

Berikut adalah beberapa tips safety riding yang mungkin bisa saya sharing di sini, biar teman-teman blogger bisa mengetahui bagaimana mengendarai sepeda motor saat hujan maupun saat malam dengan aman dan selamat tanpa rasa takut kena musibah kecelakaan lalu-lintas.

1. Mengendarai sepeda motor saat cuaca hujan:

Salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya adalah faktor dari cuaca (hujan), Meskipun pada saat hujan sebenarnya kita bisa mengendarai sepeda motor dengan aman, bila kita sendiri mau berhati-hati. Ada beberapa hal yang selalu di abaikan para pengendara motor saat sedang hujan:

a. Kebiasaan saat hujan mau turun atau pun hujan mulai rintik-rintik membasahi tubuh kita( pengendara sepeda motor) pasti kebanyakan pengendara sepeda motor tersebut akan melaju kencang motornya, dengan alasan biar tidak kehujanan!! Padahal ini merupakan faktor resiko terjadinya kecelakaan lalu-lintas, karena pasti pengendara motor tersebut melaju dengan kencang dan saling menyalip, padahal pada saat hujan keadaan jalan yang ber aspal pasti akan licin, apa lagi saat rintik-rintik hujan mau turun. Alangkah baiknya bila pengendara sepeda motor bisa melaju dengan pelan dan gunakanlah jas hujan, kalau tidak mau basah kuyup kan bisa juga menggunakan kendaraan umum misal dengan bus,taxi.

b. Pada saat hujan turun dengan deras dan hawa dingin mulai menerjang tubuh sang pengendara motor, dan air hujan mulai membasahi jalanan, pada saat ini pula kebanyakan kita (pengendara sepeda motor) pasti akan menaikkan kaki ke atas blok mesin motornya dan yang paling parahnya lagi mungkin juga pengendara tersebut akan menggunakan tangan satu untuk meyetir motornya ,padahal ini merupakan tindakan yang sangat berbahaya dan berisiko terjadinya kecelakaan lalu-lintas. Saya pernah yang mengalami kecelakaan dengan faktor yang di atas, karena pada saat kita menaikkan kaki kita, keseimbangan motor dan badan kita tidak 100% normal, dan ini sangat berbahaya saat pengendara tersebut tiba-tiba mengerem dengan mendadak, karena otomatis kita akan mengerem dengan rem depan, padahal pada saat hujan kalau pengendara motor mengerem dengan rem depan pasti ban akan slip dan goyang. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan dengan foktor tersebut, sebaiknya pengendara sepeda motor bisa lebih berhati-hati dan jangan pernah menaikan kaki di atas blok mesin, tapi tetap berpijak pada postep kendaraan motor anda, biar keseimbangan selalu ada.

c. Nyalakan lampu kendaraan anda sepanjang perjalanan dan nyalakan lampu sen jika ingin berbelok.

d. Hidupkan lampu kendaraan sepeda motor saat hujan deras,karena dapat membantu kita untuk dapat memberikan signal kepada pengendara arah berlawanan,karena pada saat hujan deras pandangan kita pasti akan tidak jelas.

2. Mengendarai sepeda motor saat malam hari

a. Untuk perjalanan pada malam hari, Anda perlu lampu karena untuk penerangan di jalan, dan supaya orang lain dapat melihat anda.
b. Gunakan lampu yang cukup terang, tujuananya agar anda dapat melihat jelas orang-orang di depan anda. Gunakan lampu jarak jauh saat anda memasuki daerah sepi biar anda bisa jelas melihat didepan.

Ketika mengendarai di malam hari, kita tidak dapat melihat driver di dalam mobil mereka untuk melakukan kontak mata, tapi Anda dapat menggunakan lampu jarak jauh  dengan bergerak-gerak .Lampu jarak jauh dengan cara di kedap kedipkan saat mau menyalip maupun akan berpapasan  akan membantu kita maupun pengendara lain menarik diri dari jalan samping.

Pada malam hari ada sedikit driver umumnya di jalan-jalan, tetapi dari driver ini, yang lebih besar persentase pengemudi banyak yang mabuk. Sebuah trik yang berguna pada jalan tak berlampu adalah dengan melihat bayangan Anda sebagai mobil pendekatan dari belakang. Jika bayangan bergerak ke kanan, mobil ini lewat ke kiri.

Untuk itu selalu berhati hati dan taati semua peraturan berlalu-lintas agar selamat sampai tujuan. Semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi kita semua..Ayo berlalu-lintas dengan sopon,benar dan beretika.

Semoga Bermanfaat bagi anda🙂