Siapa yang tidak kenal dengan browser Mozilla Firefox. Ya, browser berbasis Open Source ini, tentunjya sangat berguna bagi para web developer. Berbeda dengan browser lainnya, firefox memiliki ribuah atau bahkan puluhan ribu atau ratusan ribu add-ons yang bisa membantu pekerjaan anda.

Walaupun browser-browser lain seperti Chrome dan Opera juga mempunyai add-ons tapi tidak selengkap yang dimiliki Firefox.

Sebagai seorang web developer yang biasanya bekerja sebagai freelancer, ada beberapa add-ons yang sangat berguna dan memang harus dimiliki oleh para web developer. Berikut adalah daftar add-ons nya :

1. Colorzilla

Add-ons ini sangat berguna untuk mengambil code hexadecimal dari suatu warna yang ada di suatu Home Page. Saya suka menggunakan add-ons ini jika ingin mencontek desain suatu website yang menurut saya cocok untuk project yang saya kerjakan.

2. Firebug

Ini adalah add-ons yang memang dan wajib dimiliki oleh para web developer atau desainer. Karena bisa mencontek script desain suatu website. Bukan hanya melihat source codenya saja, tapi bisa disesuaikan dengan CSS nya. Selain itu add-ons firebug ini bisa meng-Inspect element dari suatu halaman website. Sehingga semakin memudahkan kita dalam mengoprek dan mencontek suatu desain website. Selain itu kita juga bisa mengubah-ubah source codenya atau tampilan dari suatu website dengan add-ons ini. Ya tapi tentunya hanya di komputer kita saja yang terlihat berubah.

3. Screen Capture Elite

Add – ons ini cukup penting untuk mem-print screen suatu halaman website. Mulai dari tampilan seluruh halamanya hingga bagian terkecil seperti icon atau grapic nya saja. Atau hanya bagian logonya saja, sangat memudahkan sekali bukan?

4. Web Developer

Add-ons ini juga menjadi salah satu add-ons yang wajib dan harus dimiliki oleh para we developer. Karena dengan add-ons ini kita bisa mengutak-utik tampilan suatu website. Misalkan dengan men-disable Javascript, atau men-disable CSS nya. Dan masih banyak lagi kegunaan dari add-ons ini.

5. FireFTP

Jujur saja saya jarang menggunakan add-ons ini, karena saya lebih sering menggunakan FTP Client berbasis desktop seperti Filezilla ataupun CoreFTP. Karena lebih mudah menggunakannya. namun, bagi anda yang malas menggunakan FTPClient berbasis desktop bisa menggunakan Add-ons ini untuk mentransfer file-file untuk web anda melalui media FTP.

dan masih banyak lagi add-ons yang berguna bagi pengembangan web anda. Silahkan bisa lihat di link ini sebagai bahan refrensi. Saya disini hanya mengutip dan menambahkan sedikit dengan gaya tulisan saya sendiri.