Langsung aja Apa itu bluescreen?

Saat sedang mengerjakan tugas dari kantor dan tiba-tiba / mendadak muncul layar biru di monitor, itu menandakan ada kesalahan yang cukup fatal di sistem operasi atau biasanya juga karena kegagalan di sisi hardware.

Blue Screen sering terjadi mungkin karena ada ketidakcocokkan file DLL ataupun bugs di kernel sistem operasi. Kerusakan fisikpun dapat menjadi penyebab terjadinya blue screen / layar biru diantaranya adalah adanya kerusakan di kipas komputer spt yg saya alami, memori yang rusak, mesin mainboard terlalu panas, power supplies yang hampir jebol, dsb.

Jika terjadi blue Screen, biasanya Windows akan menciptakan sebuah file kecil (walaupun sering tidak kita sadari) yg melaporkan kepada kita akan adanya error di sisi mana. Memang secara spontan, blue screen akan mencetak informasi di monitor pada saat terjadinya keadaan tsb, tapi biasanya setelah itu, kita menjadi panik dan bingung yg akhirnya lupa untuk menganalisa apa yang menjadi penyebab terjadi Blue Screen crash tsb, ya mungkin saja munculnya error message tsb diikuti dengan countdown untuk shutdown di Windows supaya jika shutdown maka tidak akan terjadi kerusakan lebih parah misalnya, seluruh CPU bertambah panas karena overheating dan yg paling fatal adalah terjadi korslet listrik di rumah / kantor tempat kita bekerja.

Berikut adalah Istilah-istilah penyebab terjadinya Blue Screen :

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Error ini yang paling sering muncul pada saat terjadi Blue Screen.
Pesan kesalahan ini biasanya disebabkan kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.
Penyebabnya:
– Driver yang bentrok atau tidak cocok
– Permasalahan pada Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
– Permasalahan pada Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan error ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya.
Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan error seperti ini, dapat disebabkan karena:
– Overclock Hardware yang berlebihan
– Komponen komputer yang terlalu panas
– BIOS yang korup
– Memory dan CPU yang cacat

4. DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD_POOL_CALLER
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

9. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan error ini disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

11. INTERNAL_POWER_ERROR

Pesan Eror ini disebabkan oleh perangkat hardware seperti RAM yang kendor,dsb.

Jika anda cukup ahli dalam menganalisa pesan yang ditampilkan saat terjadi blue screen, sebuah tool bagus bisa membantu menyimpan informasi blue screen sehingga dapat membantu kita menganalisa dan menjawab mengapa terjadi blue screen. Tool ini diberi nama BlueScreenView.


Dapat diunduh dan bisa dipakai secara instant tanpa proses instalasi.

BlueScreenView dapat berjalan di segala lingkungan Windows > Windows XP/Server 2003/Server 2008/Vista/7. Silahkan menganalisa kerusakan sistem komputer dengan tool ini.

dan untuk mengatasi permasalahan diatas atau masalah blue screen maka menurut pendapat saya, lebih baik install ulang system/windowsnya dengan cara :

1. masukin DVD windows ke DVD rom
2. Restart komputer
3. Klo ada perintah press any key, pencet aja tuh tombol keyboard manapun
4. install ulang deh windows nya… dijamin blue screen hilang, komputer cenghar.
Semoga bermanfaat🙂