Banyak sekali framework yang bisa kita temukan dalam PHP.  Ada, Zend, CakePHP, Kohana, Symfoni, Yii, Codeigniter dan masih banyak lagi lainnya. bahkan

Framework dari Indonesia pun ada, ya adalah Panada Framework yang dari struktur syntax nya agak mirip dengan Codeigniter, walaupun saya sendiri baru mencoba-coba sedikit saja. Bagaimanapun juga kita harus bangga dengan Framework PHP yang berasal dari Indonesia tersebut.

Bagaimana dengan anda? apakah anda sudah atau sering memakai framework dalam mengerjakan suatu project? saya sendiri karena masih belajar framework jadi belum berani untuk mengambil project dengan framework. Lalu apa sih sebanarnya framework tersebut? pasti bagi anda yang baru terjun ke dunia persilatan web developer ini masih bertanya-tanya tentang apa itu framework?

Jadi awal mula framework muncul adalah ketika seorang ingin mengerjakan suatu project, misalkan waktu pertama kali si programmer A mendapat project untuk mengerjakan Sistem Aplikasi Absensi Suatu Sekolah. Karena dia coding dari awal dan juga mendesain tampilannya maka dia mengerjakan waktunya dalam waktu 1 bulan dan kemudian mendapatkan imbalan yang pantas. berikutnya pun dia mendapat project yang hampir sama, dari suatu Sekolah lainnya. karena dia sudah pernah mengerjakan project yang sama, maka dia mengambil source code dari project yang pertama dan hanya di-edit sebagian saja, dan alhasil pekerjaanya pun hanya butuh waktu 2 minggu saja untuk menyelesaikannya.

Nah, sudah mengertikan apa itu framework? Ya, dengan adanya framework kita tidak perlu mengoding dari awal lagi, jadi kita tinggal menggunakan source code yang sudah ada, dan kita bisa menggunakannya dengan sesuka hati kita. Framework dapat mempermudah pekerjaan kita, dapat menghemat waktu, dan dengan hasil yang maksimal juga. Dibandingkan membuat codingan dari awal, menggunakan Framework adalah pilihan bijak dari seorang web developer untuk mengerjakan suatu project.

Ya, untuk postingan pertama ini saya hanya membahas sampai disini sja, karena saya sendiri jgua masih belajar. Saya baru mencoba framework CI dan Yii saja soalnya jadi masih terlalu awal jika saya membuat tutorial dengan Framework. Semoga Saja Tutorial ini berguna bagi anda yang masih awam dengan Framework.

Semoga Bermanfaat🙂