Sebenarnya banyak software untuk share internet melalui wireless bawaan laptop. Tetapi disini saya menjelaskan cara manualnya tanpa bantuan software.

Disini saya menjelaskan dengan 2 tahap :

TAHAP 1

1. Pertama kita harus mensetting modem internet kita agar bisa share ke wireless dari laptop. Disini saya menggunakan Smart Evdo sebagai modem saya jika anda menggunakan modem lain anda dapat mengira-ngira saja untuk mengikuti setiap langkah-langkahnya:

2. Setelah anda meng-klik nya lalu muncul gambar seperti dibawah ini

Lalu Klik kanan tulisan wireless terminal
maka akan muncul seperti gambar diatas lalu pilih properties

3. Setelah itu pasti akan muncul gambar seperti dibawah ini

4. Setelah anda di tab sharing centang pada “allow other network users to connect through this computer internet connection” dan pada menu home networking connection pilih wireless connection network. Dan centang juga “establish a dial up connection whenever a computer on my network attempts to access the internet” Lihat gambar dibawah

Pilih tab sharing seperti gambar diatas.

5. Setelah itu klik tombol setting

Lalu akan muncul windows seperti dibawah ini:

Centang service yang ingin anda gunakan terserah tapi disini saya hanya mencentang secure web server (HTTPS) dan web server (HTTP). Disana terserah anda untuk mencentang yang mana saja, semuanya pun boleh. Setelah anda memilih service yang mana anda perlukan klik ok.

Dan OK lagi.

Selesai dan anda melanjutkannya pada tahap 2.

TAHAP 2

Pada tahap ini kita mensetting wireless laptop/pc kita agar bisa share ke laptop lain. langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Langkah awal nya sama seperti langkah diawal klik pada pojok kanan bawah

Lalu Klik open network and sharing network


2. Setelah itu akan muncul windows seperti dibawah ini

3. Setelah muncul windows baru pilih add, lihat gambar dibawah:

4. Klik create an adhoc network

5. Lalu tekan tombol next
6. Lalu isi setiap kolom yang kosong di jendela baru ini


Pada kolom network name saya tulis nama saya “ranggacue” terserah isi apa saja . pada security type pilih WPA2-Personal , pada security key kita mengisi password untuk jaringan wireless anda disini terserah anda isikan password terserah anda lau centang hide characters agar agar tulisan pada password kita tidak terlihat, terakhir jangan lupa centang save this network dan klik next. Selesai

Terakhir jangan lupa untuk mendisconect modem anda untuk merefresh setingan anda tadi lalu connect kan lagi modem anda. Lalu pada laptop/pc yang hendak minta hotspot anda jangan lupa di connect-in y seperti biasa.

Selamat Mencoba🙂